Jumat, 22 Oktober 2010

Laporan Keuangan Manipulasi

Laporan keuangan RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dan SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) adalah informasi publik. Oleh karena itu, laporan keuangan tersebut dibuka seluas-luasnya pada publik terutama orang tua murid. Hal ini perlu dilakukan mengingat banyaknya keluhan orang tua murid terhadap besarnya biaya di sekolah RSBI dan SBI serta pengelolaan dana yang tidak transparan. Orang tua murid memiliki hak untuk mengetahui penggunaan setiap rupiah yang mereka bayarkan atapun dana yang diberikan pemerintah pada RSBI dan SBI (UU No. 14 Tahun 2008 tentang KIP – Keterbukaan Informasi Publik).
Selain itu, alasan lain membuka laporan keuangan RSBI dan SBI pada publik adalah adanya temuan KAKP dalam laporan penggunaan dana Block Grant RSBI tahun 2007 SDN Percontohan Kompleks UNJ. KAKP menemukan puluhan kwitansi fiktif serta markup dalam pengadaan barang disekolah tersebut. Praktek yang serupa dikhawatirkan terjadi dalam laporan penggunaan dana Block Grant RSBI dan SBI lainnya karena pengelolaan dana yang tidak transparan.
Sementara itu, audit oleh lembaga audit negara dan pemerintah terbukti gagal menemukan manipulasi dalam laporan tersebut. Hal ini ditunjukkan oleh lolosnya laporan penggunaan dana Block Grant RSBI 2007 SDN Percontohan Kompleks UNJ dalam pemeriksaan oleh lembaga audit tersebut. Sebaliknya, KAKP justru menemukan fakta adanya manipulasi dalam bentuk kwitansi fiktif dalam laporan tersebut.

Sumber : http://www.antikorupsi.org/antikorupsi/?q=content/17512/buka-seluruh-laporan-keuangan-sekolah-rsbi-dan-sbi-pada-publik

1 komentar:

  1. Kasus penyimpangan terhadap etika profesi akuntansi telah jelas disebutkan. Pembuatan laporan keuangan dengan indikasi Markup maupun fiktif sudah menyalahi kode etik profesi. Laporan keuangan ini merupakan Public Report, dimana letak informasi dan dipertanggungjawabkan kepada umum dan khususnya orang tua murid. Kemendiknas harus menindak tegas terhadap sekolah-sekolah nakal tersebut, agar tidak menular.

    BalasHapus